Home

Pendaftaran UKP Periode Pebruari 2015

Berdasarkan surat dari Pelaksana Ujian Keahlian Pelaut (PUKP) Semarang No. UM.01/027/I/PUKP.Smg-15 tanggal 29 Januari 2015 perihal Pendaftaran UKP Pereiode Pebruari 2015, bahwa PUKP-5 Semarang akan melaksanakan Ujian Keahlian Pelaut (UKP) periode Pebruari 2015 yang direncanakan mulai tanggal 23 Pebruari - 2 Maret 2015 untuk tingkat ANT-III/ATT-III Pra/Pasca Prala.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka pendaftaran peserta UKP dilaksanakan mulai tanggal 2 - 4 Pebruari 2015 di kampus AKPELNI dengan persyaratan sesuai Keputusan Dirjen Hubla No. PH.33/I/5/DJPL-10 tanggal 21 Januari 2010 tentang Sistem dan prosedur Penyelenggaraan Ujian Keahlian Pelaut dan Sertifikasi Kepelautan.

Demikian, harap diperhatikan.

Hasil UKP Periode Nopember 2014

Berdasarkan surat dari Pelaksana Ujian Keahlian Pelaut (PUKP) Semarang No. UM.01/026/I/PUKP.Smg-15 tanggal 29 Januari 2015 perihal Hasil UKP periode Nopember 2014, maka hasil selengkapnya UKP Tingkat ANT-III/ATT-III Pra/Pasca Prala periode Nopember 2014 dapat dilihat/didownload di sini.

Sehubungan dengan hal tersebut, diberitahukan bahwa :

  1. Bagi peserta ujian yang dinyatakan lulus ujian tertulis Pasca Prala tetapi mengulang ujian lisan, agar dapat mendaftarkan untuk menempuh ujian lisan mulai tanggal 16 Pebruari 2015
  2. Bagi peserta ujian yang lulus ujian tertulis Pra Prala dapat mengambil surat keterangan lulus mulai tanggal 24 s/d 25 Pebruari2015
  3. Bagi peserta yang lulus ujian tertulis Pasca Prala dapat mengambil Surat Keterangan Lulus dan memeriksa / cek kelengkapan berkas persyaratan ijasah, dijadwalkan sebagai berikut:
  • tanggal 26 s.d 27 Pebruari 2015 untuk Nautika
  • tanggal 02 s.d 03 Maret 2015 untuk Teknika

 

Demikian, harap diperhatikan.

Pengurusan Dokumen Kepelautan

Berdasarkan surat dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas Semarang No. UM.003/03/13/KSOP.Tg.Emas-15 tanggal 23 Januari 2015 perihal pengurusan dokumen kepelautan yang meliputi :

  1. Buku Pelaut
  2. Masa Layar
  3. Sign Off
  4. Sijil Ijasah di Buku Pelaut

akan dikoordinir oleh lembaga (AKPELNI).

Persyaratan Buku Pelaut Baru

  1. Surat Permohonan
  2. Surat Pernyataan belum pernah memiliki buku pelaut
  3. SKCK asli/legalisir
  4. Surat keterangan sehat dari dokter (PHC/PIP Semarang)
  5. Fotocopy :
    1. BST
    2. KTP
    3. Ijasah umum (SLTP/SLTA/SMK)
    4. Fotocopy akte kelahiran
  6. Foto ukuran 5 x 5 (3 lembar)
    1. Umum : atasan putih berdasi hitam
    2. Taruna : seragam tanpa topi pet
    3. Warna latar belakang : Biru-Nautika/Merah-Teknika
  7. Bukti pembayaran PUP (warna merah 2 lembar)

Masa Layar

  1. Surat Permohonan dan tujuan pembuatan masa layar
  2. Buku pelaut asli dan fotocopy 1 lembar
  3. Buku saku
  4. Surat ijin berlayar
  5. Sign on dan sign off perusahaan

Sign Off Buku Pelaut

  1. Surat Permohonan
  2. Buku pelaut asli
  3. PKL (Perjanjian Kerja Laut) disahkan syahbandar di kapal tersebut
  4. Mutasi turun

Sijil Ijasah Kepelautan

  1. Surat Permohonan
  2. Buku pelaut asli dan fotocopy 1 lembar
  3. Ijasah asli dan fotocopy 1 lembar

PEMBAGIAN IJAZAH ANT-III & ATT-III

Diberitahukan kepada semua Taruna/i Jurusan Nautika dan Teknika, bahwa pengambilan Ijazah ANT-III dan ATT-III sudah dapat diambil mulai Senin, Tanggal 26 Januari 2015 jam 10.00 WIB. Persyaratan pengambilan dengan membayar administrasi sebesar Rp. 250.000.

View My Stats