Home

Pengurusan Dokumen Kepelautan

Berdasarkan surat dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas Semarang No. UM.003/03/13/KSOP.Tg.Emas-15 tanggal 23 Januari 2015 perihal pengurusan dokumen kepelautan yang meliputi :

  1. Buku Pelaut
  2. Masa Layar
  3. Sign Off
  4. Sijil Ijasah di Buku Pelaut

akan dikoordinir oleh lembaga (AKPELNI).

Persyaratan Buku Pelaut Baru

  1. Surat Permohonan
  2. Surat Pernyataan belum pernah memiliki buku pelaut
  3. SKCK asli/legalisir
  4. Surat keterangan sehat dari dokter (PHC/PIP Semarang)
  5. Fotocopy :
    1. BST
    2. KTP
    3. Ijasah umum (SLTP/SLTA/SMK)
    4. Fotocopy akte kelahiran
  6. Foto ukuran 5 x 5 (3 lembar)
    1. Umum : atasan putih berdasi hitam
    2. Taruna : seragam tanpa topi pet
    3. Warna latar belakang : Biru-Nautika/Merah-Teknika
  7. Bukti pembayaran PUP (warna merah 2 lembar)

Masa Layar

  1. Surat Permohonan dan tujuan pembuatan masa layar
  2. Buku pelaut asli dan fotocopy 1 lembar
  3. Buku saku
  4. Surat ijin berlayar
  5. Sign on dan sign off perusahaan

Sign Off Buku Pelaut

  1. Surat Permohonan
  2. Buku pelaut asli
  3. PKL (Perjanjian Kerja Laut) disahkan syahbandar di kapal tersebut
  4. Mutasi turun

Sijil Ijasah Kepelautan

  1. Surat Permohonan
  2. Buku pelaut asli dan fotocopy 1 lembar
  3. Ijasah asli dan fotocopy 1 lembar

PEMBAGIAN IJAZAH ANT-III & ATT-III

Diberitahukan kepada semua Taruna/i Jurusan Nautika dan Teknika, bahwa pengambilan Ijazah ANT-III dan ATT-III sudah dapat diambil mulai Senin, Tanggal 26 Januari 2015 jam 10.00 WIB. Persyaratan pengambilan dengan membayar administrasi sebesar Rp. 250.000.

Sertifikasi Bridge Simulator

Sesuai dengan surat edaran dari Program Studi Nautika no. 006/Progdi.N-APNI/I/2015, maka dengan ini diumumkan kepada seluruh taruna program studi Nautika angkatan 49 bahwa sertifikasi Bridge/Navigation Simulator di SGC/Polimarin Semarang bahwa :

  1. Sertifikasi akan dimulai tanggal 02 Pebruari 2015, dibagi dalam 7 kelompok (30 taruna/kelompok) yang ditentukan lembaga.  Jadwal akan diumumkan kemudian. Daftar kelompok dapat dilihat di sini
  2. Setiap taruna diwajibkan mengumpulkan persyaratan administrasi :
    • FC Akte Kelahiran 1 lembar
    • FC ijasah SMA IPA 1 lembar
    • FC KTP dan KTA
    • pas foto berwarna ukuran 3 x 4 background biru pakaian PDH 3  lembar
  3. Kelengkapan persyaratan tersebut dikumpulkan paling lambat tanggal 2 Pebruari 2015 di BAAK dalam stopmap warna biru

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada papan pengumuman di kampus AKPELNI.

View My Stats